Sejarah

Universitas Nusa Cendana merupakan perguruan tinggi negeri di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berdiri pada tahun 1960 dengan beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Fakultas-fakultas tersebut menjadi penyumbang terbesar sumber daya manusia dalam pembangunan NTT. Sejalan dengan tuntutan pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia, disadari untuk membuka Fakultas Teknik dengan salah satu jurusannya ialah Jurusan Teknik Sipil, agar dapat mengambil peran lebih dalam pembangunan infarastruktur di daerah NTT.

 

Usaha membuka Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, didahului dengan pembukaan Program Studi Teknik Sipil di bawah naungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknik yang dimulai pada tahun ajaran 1994.

 

Pengembangan program studi teknik sipil ini juga sesuai dengan RIP UNDANA 1994 – 2003, di mana telah direncanakan dan ditetapkan pembukaan Fakultas Teknik dengan lima jurusan, yaitu: Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Arsitektur dan Jurusan Teknik Pertambangan.

 

Melalui SK. Rektor Undana no. 24 tahun 1994, maka Program Studi Teknik Sipil mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 1994 – 1995 melalui jalur PMDK dari seluruh SLTA di NTT. Setelah melakukan berbagai upaya maka UPT Teknik telah mendapat pembentukan Program Studi S1 Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin di Undana dari Dikti melalui SK. Dikti No. 242/DIKTI/KEP/1999 pada tanggal 18 Mei 1999. Suart Keptutusan dikeluarkan oleh Dirjen Dikti, yaitu Satryo Soemantri Brodjonegoro, dan pada tahun 2000 untuk pertama kalinya sistem penerimaan mahasiswa baru bagi program studi Teknik Sipil selain melalui jalur PMDK, juga sudah melalui jalur UMPTN.

 

Berdasarkan keterbatasan dana akibat dampak resesi ekononi pada akhir ’90 an, Jurusan Teknik Sipil, bersama Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknik Mesin, mulai April 2006 dilebur dalam satu fakultas bernama Fakultas Sains dan Teknik berdasarkan Keputusan Menteri No. 16 tahun 2006 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional tentang pembentukan Fakultas Sains dan Teknik Undana, yang merupakan penggabungan UPT Teknik dan UPT MIPA Undana dengan gelar akademik bagi alumninya adalah tetap ST (Sarjana Teknik). Akreditasi terakhir yang di lakukan oleh program studi Teknik Sipil pada tahun 2017, memperoleh akreditasi B dari BAN-PT no. 0918/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017, tanggal 29 Maret 2017.