Capaian Pembelajaran

Rumusan Singkat

Rumusan CPL

A. Sikap dan Tata Nilai

1.  Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.  Memiliki  moral,  etika  dan  kepribadian  yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.

3.  Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.

4.  Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan social dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.

6.    Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semanagat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

B. Kewenangan dan Tanggung Jawab (Keterampilan Umum)

1.  Mampu  mempublikasikan  hasil  tugas  akhir atau  karya/desain/seni/model    yang    dapat diakses oleh masyarakat akademik.

2.  Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja.

3.  Mampu meng-APLIKASI-kan bidang KEAHLIAN-nya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam PENYELESAIAN MASALAH serta mampu ber-ADAPTASI terhadap situasi yang dihadapi

4.  MENGUASAI konsep teoritis bidang pengentahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural

5.    MAMPU mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

C. Pengatahuan

1.   Mampu mengkomunikasikan ide dan bekerjasama mengembangkan ide sesuai metode penelitian ilmiah.

2.   Menguasai konsep teoritis dalam bidang proses manufaktur

3.   Menguasai konsep teoritis dalam bidang konversi energi

4.   Menguasai konsep teoritis dalam bidang rekayasa material

5.   Mampu mengidentifikasi permasalahan  berbasis potensi lokal terkait pemanfaatan teknologi tepat guna.

6.   Bertanggung jawab terhadap orisinalitas ide dan rancangan ilmiah

D. Keterampilan Khusus

1.  Mampu mengaplikasikan ilmu proses manufaktur untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan permasalahan di bidang teknik mesin.

2.  Mampu mengaplikasikan ilmu konversi energi untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan permasalahan di bidang teknik mesin.

3.  Mampu mengaplikasikan ilmu rekayasa material untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan permasalahan di bidang teknik mesin

4.  Mampu mengaplikasikan teknologi tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan berbasis potensi lokal di bidang budaya lahan kering dan pariwisata

5.  Mampu memformulasikan hasil penelitian dalam bentuk publikasi karya ilmiah sebagai bentuk komitmen terhadap etika dan profesi.